Bagaimana Cara Membuat Pola Kemeja?

cara membuat pola kemeja

Pakaian memiliki jenis yang dibedakan untuk beberapa keperluan. Di antaranya acara, aktivitas dan kegiatan baik formal maupun nonformal. Pasti kebanyakan memilih membeli, padahal cara membuat pola kemeja cukup mudah serta bisa dilakukan sendiri agar hasilnya sesuai keinginan.

Proses Pembuatan Pola Kemeja

Proses pembuatan pola kemeja memang tidak terlalu sulit jika Anda mengetahui caranya. Namun jika belum, berikut ulasan singkatnya:

  1. Membuat Desain Kemeja

Pertama sebelum membuat sebuah pola kemeja maka menentukan desainnya. Hal tersebut bertujuan menjadikannya sebagai patokan seperti apa hasilnya. Selain itu, kelebihan lain juga didapat yaitu kepuasan, karena bisa disesuaikan seleranya sendiri.

Langkah awalnya mempersiapkan referensi untuk sebuah model kemeja. Bisa dilakukan lewat cara browsing ataupun media offline lain, misalnya majalah atau melihat contoh desain kemeja di konveksi kemeja https://konveksi.co. Namun, pastikan bahwa kira-kira desain terpilih cocok dipakai setelah hasilnya jadi.

  1. Mempersiapkan Alat

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan alat dalam membuat pola kemeja. Beberapa di antaranya adalah skala untuk dipakai mengetahui ukurannya, kemudian buku kostum sebagai tempat menggambar berdasarkan desain.

Alat berikutnya adalah penggaris pembentuk agar memudahkan menggambar pola kemeja. Terdapat tiga macam berdasarkan bentuk serta fungsinya. Di antaranya lurus untuk straight line, lalu lengkung dengan fungsi lingkar leher, krah dan pergelangan tangan.

Berikutnya adalah pensil merah biru untuk tujuan menggambar atau mewarnai garis-garis pada pola. Kemudian kertas doorslag perlu ada berbagai warna berbeda, agar dapat diketahui perbedaan lokasi dari masing-masing gambar dan ukuran pada buku kostum.

  1. Membuat Pola Kemeja Berdasarkan Desain

Langkah tentang cara membuat pola kemeja sampai pada poin terakhir. Selain pengukuran, juga perlu diketahui bagaimana agar hasilnya nanti maksimal dan memiliki kualitas tinggi. Berikut akan disebutkan serta dijelaskan mengenai hal tersebut:

  • Buat pola yang tepat, pertama ukuran panjang keseluruhan body. Hal tersebut dimulai dari pangkal leher bagian samping sampai ke bawah. Sebenarnya, cacahnya bisa disesuaikan sendiri namun perhatikan ukuran standar kemeja pria yaitu antara 68 cm sampai 74 sentimeter.
  • Langkah kedua adalah penentuan ukuran lingkar badan. Dimana biasanya pada pria berkisar antara 100 cm sampai dengan 118 sentimeter. Cara melakukannya yaitu, melalui bagian tubuh terbesar di bawah ketiak dalam hal ini yaitu dada.
  • Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah menentukan berapa lebar pundak. Cara untuk melakukannya adalah mengukur mulai dari bahu belakang bagian kiri sampai kekanan. Kemeja pria sendiri secara standar memiliki besaran antara 15 sentimeter sampai 18 cm.
  • Kemudian hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah menentukan berapa lebar bahu. Cara mengetahuinya yaitu dengan mengukur dari bagian batas leher sebelah samping, hingga batasnya. Secara standar kemeja untuk pria besarannya sekitar 42 sentimeter sampai 51 cm.
  • Kemudian hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan panjang lengan. Berdasarkan jenisnya pendek atau tidak masing-masing diukur dari atas bahu sampai batas atas atau bawah siku. Standar kemeja pria memiliki besaran sekitar 24 dan 58 sentimeter sampai 28 serta 64 cm.
  • Membuat pola dengan ukuran lingkar ujung lengan yang sesuai. Besaran standar dalam kemeja pria yaitu antara 49 sentimeter sampai 55 cm. Cara mengetahuinya dari menaruh penggaris gulung pada pergelangan tangan ditambahkan 2 cm hingga 4 cm.
  • Kemudian hal berikutnya yang perlu ditentukan adalah lingkar leher. Cara mengetahuinya yaitu dengan menaruh penggaris gulung dari bagian depan diatas tulang dada ditambah 6 cm. Standar kemeja untuk pria berkisar antara 39 cm hingga 41 sentimeter.
READ  Mau Membuat Baju Korsa? Simak Tips Berikut Ini

Setelah selesai, selanjutnya adalah membuat gambar sesuai desain awal kemeja. Hal tersebut secara umum tersusun dari dua macam yaitu big dan small pattern. Pola besar terdiri dari bagian muka, belakang, juga lengan, sedangkan yang kecil mulai bentuk saku, manset serta kerah.

Itulah tadi pembahasan tentang cara membuat pola kemeja yang bisa dilakukan sendiri. Memang langkah diatas cukup panjang dan mungkin bagi sebagian orang sulit. Namun, untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan perlu adanya sebuah proses.

 

You May Also Like

About the Author: Admin